Thursday, May 6, 2010

7 TIP AMAN MENGUNAKAN FACEBOOK


Facebook adalah jaringan bertemanan, yang pastinya kalian sudah tahu semua karena hampir semua kalangan remaja, orang tua bahkan anak-anak sudah menggunakanya, mungkin dari berbagai dunia menggunakanya, tapi apakah anda tau kalau data pribadi anda tersimpan dengan aman..?? apakah anda tidak kawatir jika data anda disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk motif yang tidak baik yaitu "kejahatan" sekarang kan sedang marak diberitakan penculikan para remaja yang memakai jejaring facebook..?? kali ini saya akan memberitahu anda 7 Tip Aman Mengunakan Facebook, 

1. Penggunaan Keamanan Password
Gunakan 8 karakter pada password anda, gunakan karakter yang berkombinasi hufuf kecil, huruf besar, angka dan simbol. karena itu akan menjadi pengaman dan tidak mudah untuk dibajak sama orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Memunculkan Tanggal Lahir
Jangan menampilkan tanggal lahir anda difacebook kepada sembarang orang, karena bisa saja digunakan untuk menjebol kartu kredit atau kartu bank anda.

3. Memunculkan Alamat Rumah
Jangan menampilkan alamat rumah yang lengkap difacebook untuk menghindari orang jahat yang akan merampok atau mencelakai anda.

4. Memunculkan NO Telp/HP
Jangan menampilkan no telp/no hp anda difacebook untuk menhindari orang jahat/yang tidak suka pada anda untuk melakukan meneroran,pemerasan atau kejahatan menggunakan telp seluler, Lebih baik dibagian no anda kosongkan saja.

5. Penulisan Status
Jangan menulis status yang anda lakukan ketika bepergian jauh atau tanggal akan liburan, maka menunjukkan bahwa anda jauh dari rumah dan rumah anda tidak ada orang, bisa saja dimanfaatkan oleh orang jahat dan kemudian menyambangi rumah anda, jika diyakin aman bisa saja rumah anda dirampok. 

6. Data Pribadi Bocor Disearch Engine
Jangan sampe data-data pribadi anda bisa disearch engine seperti google, untuk menyetingan ulang dibagian "search" pada facebook privacy control. pilih opsi 'Only Friends' dan pastikan boks 'publik Search' tidak dicentang.

7. Usia Pengguna
Memang facebook tidak membatasi berapa usia penggunanya dan bisa saja tahun lahir dipalsukan, karena banyak remaja dan anak yang menggunakanya,  pengewasan orang tua sangatlah penting karena mengantipasi timbulnya kejahatan, karena mereka hanya tahu kesenangan didalam nua bukan akibatnya. 



No comments:

Post a Comment